Cara Mengirim File Cepat dan Praktis antar Gadget dengan ShareIt


Mengirim File Cepat dan Praktis antar Gadget dengan ShareIt

Hallo sahabat rumahtips.net.  Rumahtips.net ingin bertanya, dengan apakah kalian biasa mengirim file antar gadget kalian? Apakah dengan Bluetooth? Jika ya anda pasti harus menunggu lama kan ketika mengirim filenya bukan. Selain itu dengan bluetooh anda tidak dapat mengirim aplikasi yang terinstall, anda hanya dapat mengirim aplikasi yang masih berbentuk APK. Nah kali ini rumahtips.net akan akan mengajak kalian berbagi file dengan cepat dan juga dapat mengirim aaplikasi yang sudah terinstall secara langsung menggunakan aplikasi Shareit. Tentunya kalian harus menginstall dulu aplikasi Shareit ini pada kedua gadget yang ingin digunakan berbagi filenya. Anda bisa mendownload manual Apknya yang berukuran sekitar 5 Mb maupun mendownloadnya langsung dari playstore gadget anda. Lantas Bagaimana langkah- langkah selanjutnya? Yuk ikuti tutorial dari rumahtips.net dibawah ini

Pertama buka aplikasi Shareit pada kedua gadget yang kita gunakan untuk berbagi file, jika bisa sebaiknya dengan jarak yang dekat antara dua gadget agar proses Mengirim File Cepat dan Praktis antar Gadget dengan Shareit dapat terlaksana dengan baik. Aplikasi Shareit ini tidak hanya tersedia dengan berbahasa inggris, namun sudah tersedia juga bahasa Indonesia yang memudahkan sahabat rumahtips.net yang tidak terlalu paham bahasa inggris. Di tutorial ini rumahtips.net menggunakan 2 bahasa yang dipakai aplikasi, bahasa Indonesia untuk gadget pengirim dan bahasa inggris untuk gadget penerima.

Mengirim File Cepat dan Praktis antar Gadget dengan ShareIt

  • Berikutnya kita akan melakukan langkah-langkah bagi pengirim file
  • setelah aplikasi sahre it terbuka maka kita tinggal pilih menu kirim (send).

send

  • Selanjutnya kita pilih file apa saja yang akan kita kirim, tandai filenya. kita bisa membuat tanda centang pada beberapa menu yang tersedia dan tidak harus satu-persatu, misalnya jika foto hanya foto saja, jika aplikasi maka kita hanya menandai aplikasi saja. Sudah tidak perlu karena anda bisa memilihnya acak. Pada aplikasi Shareit ini terdapat menu-menu file yang bisa dikirim diantaranya file (files), video (videos), aplikasi (apps), photo (photos) dan musik (music). Jika sudah terpilih semua selanjutnya anda pilih menu selanjutnya (next) yang letakknya ada di pojok kanan bawah.

pilih file

  • Berikutnya kita akan beralih pada langkah-langkah bagi penerima file
  • Anda selaku penerima hanya diharuskan memilih menu terima (receive) dan menunggu

klik receive

  • Hotspot WIFI pada kedua gadget akan hidup. Jajarkan kedua gadget agar proses mengirim berjalan cepat. Gadget pengirim akan mencari hotspot yang ada didekatnya dan avatar penerima akan muncul di layar milik pengirim. Pengirim harus mengklik avatar penerima file. Hati hati ya ketika memilih avatar penerima, jika ada lebih dari 1 yang menyalakan aplikasi Shareit maka avatar milik pengguna yang lain juga akan muncul. Perhatikan nama perangkat teman anda selaku penerima file. Jika bisa sebaiknya waktu selesai menginstall pada pertama kali anda langsung mengganti nama perangkat dan gambar avatar milik anda agar mudah dikenaili oleh teman anda. Avatar yang sama berbentuk sayuran ( wortel dan lain sebagainya ) akan membingungkan pengirim file. Anda bisa mengganti nama dan avatanya dengan mengklik gambar avatar anda, akan muncul profil anda maka anda hanya perlu memilih file dari galery atau kamera serta mengubah namanya sesuai keinginan anda. Usahakan yang unik yaa agar tidak sama dengan milik orang lain. Tapi jangan khawatir jika belum diganti karena dibawah avatar yang muncul selalu disertai nama perangkatnya.

  • Gadget akan melakukan proses inisialisasi data. Jika sudah selesai perangkat akan mengirim file yang telah terpilih tadi dengan cepat.

  • Berikut ini adalah tampilan ketika pengiriman file sudah berlangsung. Dijamin proses ini membutuhkan waktu yang jauh lebih singkat dibandingkan jika anda menggunakan bluetooh untuk mengirim file tersebut.

  • Ini adalah tampilan jika semua file sudah terkirim. Lihat catatan waktu yang diperlukan hanya 49 detik untuk 190.8 mb. Sangat cepat bukan :D. bandingkan jika anda menggunakan bluetooh untuk mengirim file tersebut. Pastinya lamaaaaaa sekali karena menurut pengalaman admin saja untuk mengirim beberapa file mp3 admin harus menunggu sekitar 1 menit menit untuk mengirim lagu tersebur dengan ukuran total hanya 18mb. Anda sudah bisa bandingkan sendiri kan berapa banyak waktu yang sebernya bisa anda hemat.lebih dari 10 menitan :D. banyak hal yang bisa anda lakukan dalam waktu 10 menit sahabat rumahtips.net :3. Ingatlah papatah yang bilang “waktu adalah uang” jadi dengan menghemat waktu rumahtips.net membantu anda menerapkan pepatah tersebut 😀

Sedikit tambahan untuk aplikasi Shareit ini, disini terdapat menu berupa upgrade. Dimana dengan menu ini anda dapat melihat dan meminta aplikasi dengan cara memilih sendiri aplikasi yang anda inginkan untuk diistall di gadget anda yang belum anda miliki di gadget anda.

Bagaimana caranya ?

  • Caranya anda hanya perlu mengklik menu update yag muncuk jika file telah terkirim.

  • maka pada gadget pengirim akan muncul peringatan yang akan mengkonfirmasikan bahwa gadget lawan ingin meminta aplikasi yang ada.

  • Jika pengirim meng-iyakan maka anda bisa memilih sendiri aplikasi-aplikasi yang ada dan akan terkirim secara otomatis.Perlu diingat bahwa hanya aplikasi saja yang tersedia di menu upgrade ini..

Nah bagaimana sahabat rumahtips.net Cara Mengirim File Cepat dan Praktis antar Gadget dengan ShareIt? Sangat bermanfaat bukan. Dengan andanya Shareit anda tbisa mengirim secara langsung aplikasi yang anda punya walaupun sudah terinstall meskipun tidak punya file APKnya. Selain itu jika anda mengirim file dengan Shareit ini anda tidak perlu mendownloadnya sendiri, hemat kuota lah maksudnya wkwkwkw :D. sebuah keuntungan yang sangat besar bagi yang sedang tidak punya paket data :v. oiya sebaiknya anda matikan data seluler ya ketika menggunakan aplikasi Shareit ini.

Namun ketika menggunakan Shareit ini admin menemukan keterbatasan pada pengiriman aplikasi. Yaitu file tidak bisa terlalu besar. hal ini sudah admin buktikan sendiri untuk mengirim file game Deemo berukuran 1GB, file yang terkirim hanya 27 MB yang tentunya setelah di istall game ini tidak bisa dijalankan. Ketika admin mencoba kembali file game Lanota Berukuran 250 MB game ini juga mengalami nasib yang sama, hanya 16 MB yang terkirim dan tentunya sama juga tidak bisa dimainkan karena hanya muncuk warna hitam pada layar. Alhasil harus di uninstallah game tersebut. Tapi untuk ukuran game dibawah 100 MB ( misalnya 89 MB) game ini masih bisa berjalan dengan baik dan tanpa kendala.

Sekian dulu ya sahabat rumahtips.net tentang Cara Mengirim File Cepat dan Praktis antar Gadget dengan ShareIt. Dengan aplikasi ini anda bisa mendapatkan kecepatan transfer file yang wow! Meskipun terdapat juga kekurangannya namun setidaknya aplikasi ini bisa membantu sahabat rumahtips. Sampai jumpa di artikel yang lain semoga bermanfaat :’ )

By : rumahtips.net

“Hargai Usaha Kami dengan Like, Share dan Cantumkan sumbernya “

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.