8 Tips Menghemat Belanja Keperluan Dapur

8 Tips Menghemat Belanja Keperluan Dapur

8 Tips Menghemat Belanja Keperluan Dapur. Memasak dirumah tidak selalu tidak melakukan pemborosan. Jika tidak menggunakan cara belanja yang tepat, bisa saja anda mengalami overload pada setiap bulan tanpa disengaja. Untuk itu, diperlukan kiat khusus untuk menghemat keperluan dapur. Tidak sulit, simak saja 8 tips di bawah ini :

  1. Sesuaikan dengan budget

Ini merupakan langkah awal dari penghematan. Sebelum berbelanja, ada baiknya kalian menyusun budget yang harus anda keluarkan. Pastikan bahwa budget tetap pada angka yang aman. Jika memungkinkan, sisihkan sebagian untuk ditabung dan digunakan di masa mendatang.

  1. Buat rincian pembelanjaan

Rincian pembelanjaan atau yang disebut juga sebagai daftar belanjaan, merupakan hal yang wajib dilakukan untuk menghemat keperluan dapur. Karena hal ini dapat mencegah terjadinya pemborosan oleh hal-hal yang sebenarnya tidak diperlukan dalam kebutuhan belanja. Dengan berpegangan pada daftar yang sudah dibuat, Anda terhindar dari kemungkinan berbelanja berlebihan yang berujung pada kebiasaan membuang-buang bahan makanan.

  1. Jika memungkinkan, lakukanlah tawar menawar

Jika memungkinkan, ada baiknya kita melakukan tawar menawar jika sedang berada di pasar tradisional. Biasanya, pedagang memberikan sedikit pengurangan harga untuk barang yang dijualnya. Apalagi jika kalian termasuk salah satu pelanggannya. Tawar-menawar ini juga boleh sekali untuk dicoba.

  1. Masak sesuai porsi yang dibutuhkan

Tidak sedikit orang yang berprinsip  “lebih baik lebih, daripada kurang”. Akibatnya, banyak sisa makanan yang terbuang percuma. Karena itu, biasakanlah untuk memasak sesuai porsi yang dibutuhkan. Kecuali jika Anda memang berencana memasak untuk beberapa kali  makan sekaligus.

  1. Menyimpan dengan baik

Bahan makanan seperti daging, buah, dan sayur-sayuran cepat kedaluwarsa. Karena itu, pastikan menyimpan semuanya dengan baik, misalnya dimasukkan ke wadah kedap udara lalu diletakkan di freezer.

Setiap jenis bahan makanan punya cara penyimpanannya sendiri-sendiri. Banyak-banyaklah mencari informasi agar tidak ada bahan makanan yang terbuang percuma hanya karena salah menyimpan.

  1. Memilih cara memasak dan bahan masakan

Mengolah masakan dengan cara ditumis akan lebih cepat dan itu artinya menghemat gas. Selain itu, menumis juga lebih sehat karena hanya menggunakan sedikit minyak.
Untuk bahan makanan, Anda juga bisa mengakali, misalnya dengan mengganti daging sapi ke daging ayam, tahu, cumi, atau udang.
Daging sapi membutuhkan waktu pengolahan lebih lama dan menghabiskan lebih banyak gas.

  1. Mengolah kembali

Sisa makanan atau leftovers bisa dimanfaatkan untuk membuat makanan baru. Dari ayam goreng bisa jadi nasi goreng ayam gurih. Memasak sop tapi kuahnya habis lebih dulu? Dengan menambahkan tepung terigu dan telur, sisa sayur bisa diolah kembali menjadi bakwan.

  1. Menghindari berbelanja saat lapar

Jika berbelanja dalam keadaan perut kosong, Anda akan cenderung kalap. Rasa lapar mendorong Anda mengambil barang-barang, terutama makanan, yang sebenarnya tidak Anda butuhkan. Jadi, pastikan perut sudah terisi sebelum berbelanja.

Itulah beberapa informasi tentang tips-tips menghemat belanja keperluan dapur. Semoga bermanfaat bagi Anda. Jangan lupa tetap berhemat sehat dengan tidak mengurangi kadar gizi bagi keluarga.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.