7 Tips Mempercepat Pengisian Baterai dengan Mudah

7 Tips Mempercepat Pengisian Baterai dengan Mudah

7 Tips Mempercepat Pengisian Baterai dengan MudahSaat ini smartphone sudah menjadi pusat banyak kegiatan sehari- hari. Mulai dari memotret, mengetik tugas hingga menonton film.  Sayangnya, fungsi-fungsi tersebut masih sering terkendala oleh baterai yang cepat habis.

Akibatnya smartphone pun harus seringkali dicolokkan ke charger. Proses pengisian daya ini pun memakan waktu yang lama, sehingga aktivitas menjadi terganggu. Untuk itulah, berikut disajikan tips mempercepat pengisian baterai yang dapat dilakukan dengan mudah.

1. Matikan Smartphone pada saat Charging

Dengan mematikan smartphone ketika charging, maka proses pengisian daya akan semakin terfokuskan. Ketika smartphone dimatikan, maka seluruh aplikasi di dalamnya juga mati. Efeknya membuat seluruh daya yang disalurkan benar-benar masuk dan terkumpul.

2. Mengaktifkan Mode Pesawat / Airplane Mode

Bila tidak ingin mematikan smartphone karena takut melewatkan pesan penting yang masuk, dapat mengaktifkan airplane mode. Untuk dapat menerima pesan, aktifkan Wi-fi dan pastikan ketersediaan Wi-fi terlebih dahulu. Cara ini diklaim mampu mempercepat pengisian baterai smartphone hingga 12%.

3. Gunakan Charger Original

Charger original tentu memiliki kemampuan pengisian daya yang lebih baik dibandingkan dengan charger bajakan yang justru bisa merusak smartphone. Hal ini disebabkan karena kabel serta adaptor charger bajakan tidak memiliki standar tegangan yang jelas. Sehingga bila memaksa menggunakannya dapat membuat smartphone menjadi panas bahkan meleleh. Sementara itu, charger original spesifikasinya sudah dirancang khusus sesuai dengan smartphone yang kamu miliki. Oleh karena itu, gunakan charger original agar bisa mempercepat pengisian daya.

4. Jangan Charge Smartphone Melalui PC atau Laptop

Kebiasaan buruk ini tanpa disadari juga dapat merusak smartphone. Pengisian daya melalui PC atau laptop kurang efektif. Hal ini karena arus yang masuk ke dalam smartphone tidak menentu sehingga membuat pengisian daya baterai menjadi agak lama.

5. Jangan Sentuh Smartphone

Saat proses charging, diamkan smartphone. Cobalah untuk menahan hasrat ingin mengecek smartphone kecuali memang ada pesan atau panggilan penting yang masuk. Alasannya, saat kamu mengecek smartphone, maka layarnya akan menyala. Layar yang menyala inilah yang menguras baterai. Sehingga proses pengisian daya tidak maksimal.

6. Buat Baterai Jadi Dingin

Tips mempercepat pengisian baterai selanjutnya adalah lepaskan cover dan bagian belakang casing smartphone kamu. Hal ini membuat baterai smartphone bisa “bernafas” lebih lega sehingga suhunya lebih dingin. Cara ini juga dapat membantu pengisian dayanya lebih cepat. Tetapi yang perlu diingat jangan sembarangan meletakkan smartphone yang sedang dicharge. Letakkan pada tempat sejuk agar baterai tidak naik terus suhunya.

7. Kalibrasi Baterai

Biasanya baterai yang digunakan hingga benar-benar kehabisan daya alias 0% akan memperpendek umur baterai. Akibatnya pengisian daya baterai tidak sempurna. Sebaiknya lakukan pengisian ulang minimal ketika baterai sudah ada posisi 20%.  Setelah itu rajin-rajinlah melakukan kalibrasi baterai. Caranya cukup mudah, gunakan smartphone hingga baterainya 0%  lalu isi hingga full alias 100% dalam kondisi mati. Cara kalibrasi ini akan membuat baterai lebih awet dan sehat.

Demikian 7 tips mempercepat pengisian baterai smartphone. Dengan mengikuti cara di atas pastinya baterai smartphone kamu jadi lebih tahan lama. Hal ini karena arus tegangan yang masuk ke baterai selalu sesuai dengan standar. Tidak berlebihan atau justru kurang.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.