6 Tips Merawat Kulit Bayi Agar Selalu Sehat dan Lembut

6 Tips Merawat Kulit Bayi Agar Selalu Sehat dan Lembut

Tips Merawat Kulit Bayi | Rumahtips.net

6 Tips Merawat Kulit Bayi Agar Selalu Sehat dan Lembut. Kulit bayi merupakan bagian tubuh bayi yang sangat sensitif dan rentan terhadap berbagai infeksi. Mengapa? Karena kulit bayi merupakan pertahanan pertamanya. Untuk itulah sangat diperlukan beberapa tips merawat kulit bayi.

Kulit si kecil tidak boleh sembarang bersentuhan dengan bahan kimia ataupun detergen dengan pH yang tidak cocok untuknya. Karena hal itu dapat mengakibatkan biang keringat, atau bercak merah pada bayi. Tips merawat kulit bayi agar selalu sehat dan lembut bisa dilakukan dengan cara sebagai berikut.

1. Mandikan bayi dengan air hangat, jika perlu tambahkan Baby Oil ke dalamnya

Memandikan bayi adalah hal yang paling menyenangkan bagi bunda. Sebelum memandikan bayi, bunda harus memilih waktu yang tepat. Untuk bayi yang belum berumur 40 hari, sebainya dimandikan tidak terlalu pagi dan tidak pula terlalu sore.

Bayi bisa dimandikan pukul 07.00 – 08.00.  untuk sore harinya, bunda bisa memandikan pukul 14.00. Sebaiknya, bunda memandikan bayi dengan air hangat. Dengan suhu kisaran 37 derajat celcius dengan durasi normal 5-10 menit.  Jika perlu, campurkan juga Baby Oil ke dalam air hangat. Selain melembabkan, Baby Oil juga dapat digunakan sebagai tips untuk merawat kulit bayi agar tetap lembut.

2. Gunakan sabun bayi dengan pH yang seimbang

Selain Baby Oil, menggunakan sabun bayi juga perlu dilakukan. Untuk itu, bunda harus bisa memilih sabun yang tepat untuk si kecil. Bunda bisa menggunakan sabun dengan pH 4,5 – 5 untuk tetap menjaga tekstur kulit bayi agar selalu lembut. Jangan lupa pastikan agar lipatan tubuh bayi juga terbasuh bersih dengan sabun dan air. Sebagai tips untuk merawat kulit bayi yang sensitif, sebaiknya gunakan sabun dari bahan yang alami.

3. Berikan pijatan lembut pada bayi

Selain memandikan bayi, melakukan pijatan juga penting dilakukan. Pijatan memberikan manfaat melancarkan peredaran darah. Bunda bisa melakukan pijatan dengan minyak zaitun atau baby oil. Pastikan pijatan yang diberikan tidak terlalu keras. Selain melancarkan peredaran darah, pijatan pada bayi juga dapat digunakan sebagai tips untuk merawat kulit bayi agar tetap lembut.

4. Gunakan pelembab yang cocok untuk kulit bayi

Agar kulit bayi tidak kering setelah mandi, sebaiknya gunakan juga baby lotion. Bunda bisa memilih lotion yang mengandung sarbolane dan tidak ada kandungan zat yang berbahaya untuk menghindari terjadinya infeksi.

5. Berikan bedak khusus untuk bayi

Pada umumnya, kulit bayi adalah kulit yang sangat sensitive dan rentan terhadap infeksi. Bunda harus lebih berhati-hati dalam memilih bedak bayi. Gunakanllah bedak yang terbuat dari organik atau tumbuhan agar memiliki daya serap yang baik. Boleh juga menggunakan bedak yang mengandung talcum venetian, titanium dioksid, dan magnesium dioksid.

Serta pastikan tidak menaburkan bedak pada bagian-bagian leher, ketiak, pangkal paha dan kelamin. Karena ketika bayi  mengeluarkan keringat, bedak akan bercampur dengan keringat dan memicu terjadinya biang keringat atau iritasi pada kulit bayi yang menimbulkan kemerahan pada bayi.

6. Hindarkan bayi dari sengatan matahari

Sinar matahari pagi sangatlah penting bagi bayi untuk menurunkan kadar bilirubin bagi kesehatan bayi. Terlebih pada bayi yang baru lahir yang kadar bilirubinnya belum normal. Namun yang perlu diperhatikan adalah waktu penjemuran bayi. Waktu yang baik adalah pagi hari sekitar pukul tujuh sampai delapan pagi hari.

Jangan menjemur bayi setelah jam delapan pagi, karena pada saat itu sinar matahari telah mengandung sinar ultraviolet yang buruk untuk kesehatan kulit bayi. Sehingga dapat menyebabkan kulit bayi menjadi merah karena rusaknya membran sel serta menimbulkan sensasi terbakar, Tips merawat kulit bayi agar tetap sehat, sebaiknya hal ini dilakukan sebelum bayi dimandikan.

Itulah beberapa informasi yang dapat diketahui tentang tips merawat kulit bayi agar tetap sehat dan lembut.  Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi  bunda yang sedang mencari sumber informasi tentang tips merawat kulit bayi tetap sehat terawat.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.