6 Tips Mengatasi Masalah Sensor Fingerprint yang Error dan Bermasalah

6 Tips Mengatasi Masalah Sensor Fingerprint yang Error dan Bermasalah

Fingerprint | Rumahtips.net

6 Tips Mengatasi Masalah Sensor Fingerprint yang Error dan Bermasalah. Smartphone merupakan barang berharga yang berisi data pribadi. Tidak jarang mereka yang kehilangan smartphone khawatir akan data yang tersimpan di dalamnya. Bisa anda temui tingkat kemanan di smartphone yang sekarang mulai ditingkatkan. Dari mulai menggunakan password, scan retina mata sampai fingerprint yang sekarang banyak ditemui. Jika anda memilikinya, tidak ada salahnya menyimak tips mengatasi masalah sensor fingerprint.

Sensor fingerprint merupakan kemanan yang ada di smartphone dan tergolong bagus. Orang asing tidak bisa membuka smartphone anda tanpa adanya sidik jari tangan anda. Tetapi tetap saja ada kelemahan yang anda temukan. Fingerprint di beberapa smartphone bisa mengalami masalah. Ini membuat anda tidak bisa menggunakan smartphone.

  1. Bersihkan Fingerprint

Setiap pabrikan ponsel dalam meletakkan sensor sidik jari memang berbeda – beda. Ada yang menyematkan di depan smartphone yang terintegrasi tombol home. Tapi ada juga yang letaknya di belakang, bahkan di samping.

Terlepas dari tata letaknya, pemindai sidik jari memiliki kelemahan seperti saat jari tangan anda sedang kotor entah berminyak, terluka, atau basah pemindai tidak akan bisa mendeteksi. Langkah pertama, bersihkan fingerprint anda dengan kain yang lembut. Bersihkan secara rutin dan pastikan jari tangan anda tidak kotor saat memegangnya.

  1. Konfigurasi Ulang

Tips mengatasi maslaah sensor fingerprint kedua adalah mengkonfigurasi ulang. Pilihan ini tersedia di menu pengaturan smartphone. Hapus sidik jari yang telah anda simpan kemudian tambahkan lagi. Ini bisa anda lakukan ketika tangan anda terluka atau mengelupas. Sebab, akan mempengaruhi kinerja fingerprint. Anda bisa juga menambahkan lebih dari satu sidik jari.

  1. Hapus Fungsi Lain dari Sensor Fingerprint

Selain untuk membuka smartphone, fingerprint memang memiliki fungsi lain. Misalnya untuk berfoto, mengangkat telepon dan mengakses berbagai macam shortcut berbasis gerakan. Ini disebut juga fingerprint gesture. Anda bisa menghapusnya untuk memulihkan kembali fungsi utama dari fingerprint.

  1. Bersihkan Cache Aplikasi Fingerprint

Untuk menyimpan data sidik jari pengguna, aplikasi fingerprint juga menyimpan cache. Ini berfungsi untuk mempercepat pemindaian sidik jari. Namun, cache juga tidak selalu berguna dengan baik. Anda bisa membersihkan cache aplikasi fingerprint untuk membuatnya lebih optimal.

  1. Restart Smartphone

Jika anda tidak terlalu paham dengan hal ini itu tentang pengaturan fingerprint, langkah selanjutnya akan membantu anda. Restart atau reboot terlebih dahulu smartphone anda. Cara ini akan bekerja lebih baik dengan anda melepas baterai, microSD dan kartu SIM. Namun jika anda menggunakan baterai non-removable, maka anda hanya cukup melepas kartu SIM nya saja.

  1. Lakukan Factory Reset

Tips mengatasi masalah sensor fingerprint yang terakhir adalah dengan melakukan factory reset. Langkah ini dilakukan agar system pada Smartphone anda kembali ke awal atau seperti baru keluar dari pabrikan. Sebelum itu, pastikan anda sudah memback up data penting anda.

Sistem keamanan di smartphone memang menguntungkan kita seperti fingerprint. Ini akan melindungi smartphone kita dari orang lain yang mencoba mengakses tanpa izin. Namun untuk menutupi kekurangannya, tips mengatasi masalah sensor fingerprint ini bisa anda terapkan.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.