11 Tips Menghemat Baterai Smartphone dengan Mudah dan Ampuh

11 Tips Menghemat Baterai Smartphone dengan Mudah dan Ampuh

Tips Menghemat Baterai Smartphone – Sifat hemat tentu akan menguntungkan kita. Bukan hanya dalam urusan materi, tetapi hemat juga dalam penggunaan kuota dan baterai smartphone pasti anda butuhkan. Jika anda bepergian jauh tanpa membawa power bank, tentu anda akan kesulitan dalam menemukan daya men-charge handphone anda. Gunakan seperlunya dan anda bisa mengetahui tips menghemat baterai smartphone di bawah ini.

Baterai smartphone akan mudah habis jika anda gunakan terus – menerus. Namun, bagaimana dengan kebutuhan memotret keindahan tempat tujuan anda jika anda berwisata ? Bagaimana menghubungi keluarga anda bahwa anda telah sampai di tempat tujuan ? Maka, penting rasanya untuk menghemat daya baterai demi hal-hal yang penting.

  1. Pakai Wallpaper Hitam

Jika smartphone anda berbasis android layar AMOLED, sebaiknya anda menggunakan wallpaper dengan warna yang gelap. Ini dikarenakan layar AMOLED hanya menerangi di bagian layar yang berwarna saja. Amoled terdiri dari bahan organic yang bisa menghasilkan cahaya ketika adanya aliran arus listrik.

Jika anda menggunakan wallpaper hitam, layar memang akan terlihat gelap dan daya baterai yang terpakai sedikit. Anda bisa menghemat 6% dari daya baterai/ jam di 20 % brightness ketika menggunakan wallpaper gelap untuk layar Amoled.

  1. Atur Tingkat Kecerahan Layar

Tips menghemat baterai smartphone selanjutnya adalah dengan mengatur tingkat kecerahan layar anda. Atur serendah mungkin karena bisa menghemat baterai. Sebab, jika anda menggunakan kecerahan layar dengan tingkat tinggi, energy yang dibutuhkan smartphone juga besar. Hindari juga menggunakan auto brightness.

  1. Atur Waktu Tidur Android

Selanjutnya adalah mengatur waktu tidur smartphone anda. Waktu tidur disini yang dimaksud adalah layar mati secara otomatis jika smartphone sedang tidak digunakan. Sebab, ketika layar menyala maka banyak pula baterai yang terkuras.

Jika waktu tidur smartphone anda berada di hitungan menit, maka konsumsi daya yang dihasilkan adalah empat kali lipat lebih banyak. Hitungan ini jelas lebih besar daripada mengaturnya di waktu 15 detik saja. Anda bisa mencobanya dan lihat daya baterai anda yang tahan lama.

  1. Matikan Fitur Pintar Android

Cara menghemat baterai smartphone yang satu ini bisa dengan mudah anda lakukan. Matikan fitur pintar pada smartphone. Fitur seperti auto rotation membutuhkan banyak daya baterai. Sama halnya dengan air gesture.

Memang, fitur ini nyaman digunakan tetapi juga bisa membuat baterai anda boros. Anda bisa memakainya sesekali atau ketika membutuhkannya saja. Jika tidak seberapa penting, matikan fitur ini di smartphone anda.

  1. Matikan GPS, WiFi dan Data

Jika sudah tidak anda gunakan, anda bisa mematikan Bluetooth, gps, nfc, wifi. Mengapa hal ini harus dilakukan ? Sebab, jika ini menyala semua maka proses pencarian sinyal akan terus menguras baterai. Nyalakan hanya jika anda membutuhkannya.

Selain 5 cara diatas, adalagi 6 tips menghemat baterai smartphone yang bisa untuk anda gunakan, berikut inilah caranya:

  1. Kurangi Widget
  2. Gunakan Pemberitahuan Layar Kunci
  3. Gunakan Modus Hemat Baterai
  4. Matikan Getaran dan Umpan Balik
  5. Pakai Facebook dan Twitter Lite
  6. Aktifkan Airplane Mode

Tips menghemat baterai smartphone ini bisa anda simpan dan gunakan ketika anda di perjalanan atau kondisi darurat. Sebab, smartphone sekarang sudah menjadi kebutuhan yang kita bawa kemana pun.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.