11 Tips Amankan Smartphone Android yang Wajib Kamu Lakukan

11 Tips Amankan Smartphone Android yang Wajib Kamu Lakukan

Tips Amankan Smartphone Android | Rumahtips.net

11 Tips Amankan Smartphone Android yang Wajib Kamu Lakukan.  Kini jutaan orang di seluruh dunia tidak dapat lepas dari smartphone. Percakapan dengan keluarga hingga orang terdekat, foto-foto, video, email, informasi kartu kredit hampir semuanya tersimpan rapi di smartphone android. Untuk itulah kamu harus berhati-hati dalam menghadapi penipuan dan pencurian identitas.

Jika sampai pencurian identitas dilakukan terutama seperti akun bank tentunya akan membuat kamu cukup berantakan. Selain itu foto-foto pribadi, video serta data-data penting lainnya jika disalahgunakan pastinya akan merugikan kamu di masa depan. Oleh sebab itu, berikut disajikan beberapa tips amankan smartphone android kamu dari para hacker atau pihak tak bertanggung jawab lainnya.

1. Enkripsi Data

Enkripsi adalah sebuah proses pengkodean data sehingga data tidak mudah dibaca dan diketahui oleh manusia (hacker). Kode enkripsi ini dibuat secara acak. Jika kamu mengaktifkan fitur enkripsi pada smartphone android, data-data baru akan otomatis langsung diamankan. Ada dua macam enkripsi pada android yaitu:

Full disk  Encryption (android 5.0 ke atas), menggunakan kunci tunggal dan dilindungi kata sandi dari pengguna smartphone. Metode ini melindungi seluruh partisi smartphone kamu. Jadi setelah bootawal, kamu harus memberikan izin agar dapat mengakses setiap data pada smartphone.

File Based Encryption (android 7.0) proses enkripsi dilakukan hanya pada file-file tertentu saja. Metode ini memungkinkan untuk melakukan enkripsi pada setiap file dengan kata sandi yang berbeda-beda.

2. Amankan Aplikasi Chat

Aplikasi chat juga dapat menjadi celah seorang hacker mencuri informasi dan data penting kamu. Untuk itu sebaiknya gunakan aplikasi pengamanan perpesanan yang ada pada android. Nama aplikasinya adalah Signal Private Messenger. Aplikasi ini mudah digunakan dan memiliki tingkat perlindungan yang luar biasa. Signal Private Messenger membuat enkripsi end-to-end untuk menyimpan semua data pribadi kamu.

3. Hindari Instal Aplikasi Bajakan

Sebagian aplikasi di PlayStore dijual dengan harga yang mahal sehingga ada beberapa orang yang melakukan perubahan pada  aplikasi tersebut. Perubahan di sini maksudnya aplikasi yang tadinya berbayar menjadi gratis. Aplikasi bajakan ini sebenarnya berpotensi sangat berbahaya.

Bisa saja para hacker menyisipkan kode rahasia dalam aplikasi bajakan tersebut guna mengambil data-data pribadi kamu. Tak hanya itu, biasanya aplikasi bajakan juga banyak mengandung virus sehingga pasti merusak smartphone android kamu. Oleh sebab itu, jangan instal aplikasi bajakan jika tidak mau hal-hal tidak diinginkan terjadi.

4. Instal Software Antivirus

Ada banyak antivirus yang tersedia untuk perangkat android di PlayStore. Sebaiknya kamu instal minimal satu di ponsel. Smartphone pada dasarnya komputer genggam yang bisa juga terkena virus seperti yang terjadi pada komputer.

5. Mengunci Semua Aplikasi

Mengunci semua aplikasi penting dilakukan supaya orang lain tidak mengetahui informasi pribadi kamu. Carilah berbagai aplikasi pengunci kemudian nonaktifkan pilihan yang memungkinkan akses sederhana dan mudah orang lain membobol smartphone kamu.

6. Jangan Simpan Semua Sandi

Banyak orang yang menyimpan password ke situs dan layanan online yang mereka gunakan. Jika kamu melakukan ini kemudian smartphone kamu dicuri, maka mereka akan memiliki akses ke semua password kamu. Sebaiknya jangan pernah menyimpan password di smartphone android, khususnya sandi perbankan dan aplikasi pembayaran.

7. Gunakan Password yang Berbeda

Tips amankan smartphone android selanjutnya adalah mengggunakan password yang berbeda. Jika kamu menggunakan password yang sama untuk akun yang berbeda, maka akan sangat mudah diretas oleh para hacker. Buatlah password yang berbeda untuk setiap akun. Kamu bisa menggunakan aplikasi 1Passwordsupaya bisa mengingat password yang berbeda untuk setiap akun yang kamu punya.

8. Waspada Link Email Mencurigakan

Jika kamu mendapat email berisi link yang mencurigakan, sebaiknya jangan diklik. Sudah banyak kasus yang diakibatkan oleh pengguna email yang membuka link sembarangan. Jika tidak tau siapa pengirim email, jangan dibuka karena bisa-bisa itu virus.

9. Selalu Aktifkan Passcode

Jika kamu tidak memberikan passcode pada smartphone, maka data penting termasuk informasi pribadi bisa diakses siapa saja seandainya smartphone hilang. Sebaiknya gunakan kombinasi enam digit untuk passcode karena memiliki kemungkinan 1 juta kombinasi. Sedangkan jika kamu menggunakan empat digit, kemungkinan kombinasinya hanya 10.000 bisa dibobol hacker.

10. Aktifkan Dua Kali Verifikasi di Setiap Akun

Dengan melakukan proses verifikasi sebanyak dua kali tentunya akan melipatgandakan tingkat keamanan akun pribadi kamu, termasuk akun email. Beberapa perusahaan teknologi besar sudah mengimplementasikan fitur ini seperti Facebook, Google, Apple, Microsoft dan Dropbox.

11. Buat Beberapa Akun Pengguna

Jika kamu berbagi perangkat dengan orang lain misalnya pasangan, sangat penting untuk mempunyai akun masing-masing gunanya untuk melindungi privasi. Kamu bisa membuat akun tamu untuk pengguna lainnya seperti yang terdapat pada komputer desktop.

Demikian tips amankan smartphone android yang dapat kamu lakukan supaya data-data penting dan informasi pribadi terjaga keamanannya.  Lebih baik mencegah dengan keamanan dan proteksi yang dilakukan sekarang daripada nanti terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.