10 Tips Menghemat Memori Internal Paling Mudah dan Ampuh

10 Tips Menghemat Memori Internal Paling Mudah dan Ampuh

10 Tips Menghemat Memori Internal Paling Mudah dan Ampuh

Berbicara tentang teknologi seringkali kita dihadapkan dengan kapasitas media penyimpanan yang lebih besar, misalnya laptop. Namun dengan adanya smartphone kita lebih memilih sesuatu yang bisa dibawa kemana – mana dan praktis. Tidak ada salahnya memang, meskipun kita jadi terbuai dengan kemudahannya. Tidak jarang anda akan mulai kehabisan memori internal karena banyaknya foto atau file yang disimpan. Simak terlebih dahulu tips menghemat memori internal berikut.

Memori internal memiliki varian ukuran. Seperti yang anda ketahui, ada yang memiliki size 1 GB (ini sudah jarang ditemukan), 2GB dan seterusnya. Semakin besar kapasitas memori internal yang anda pilih, semakin banyak pula file yang akan kita simpan. Jika anda jarang mengecek mana yang penting dan tidak, maka memori internal anda dengan kapasitas sebesar apapun tetap akan habis.

  1. Uninstall Aplikasi yang Tidak Dibutuhkan

Banyaknya aplikasi yang anda miliki tentu memakan ruang penyimpanan anda. Jika anda menyimpannya di memori internal, maka akan membuat penyimpanan penuh. Teliti lagi apa kegunaan dari masing – masing aplikasi. Ketika anda sudah tidak seberapa membutuhkan, lebih baik di uninstall.

  1. Hindari Menginstall Aplikasi dengan Fungsi yang Sama

Ada beberapa handphone yang memiliki aplikasi pabrikan atau langsung ada sejak anda membelinya. Anda bisa menguninstall aplikasi yang memiliki fungsi sama seperti browser. Hindari masih mendownload chrome. Anda bisa memilih satu diantara keduanya. Maka ruang penyimpanan anda bisa lebih besar.

  1. Gunakan Memori Eksternal

Tips menghemat memori internal selanjutnya adalah alternative yang paling banyak digunakan. Anda bisa membeli memori eksternal. Memori ini biasanya memiliki ukuran lebih besar. Jika anda sudah menggunakannya, simpan foto dan file anda di memori eksternal saja. Harga memori eksternal pun juga relative murah.

  1. Bersihkan Cache, Tips Menghemat Memori Internal

File berupa cache memang tidak terlalu besar. Tapi anda juga perlu membersihkannya. Fungsi cache biasanya untuk menyimpan history, username anda dan pengaturan. Tentu jika anda menghapus cache, otomatis pengaturan kembali ke default.

  1. Gunakan Aplikasi Cleaner

Install aplikasi cleaner yang sudah bisa anda temui ragamnya di playstore. Ini menjadi cara menghemat memori internal di anroid dengan membersihkan file sampah. Handphone anda akan kembali bebas dari file yang tidak penting. Pilih salah satu aplikasi cleaner seperti Speed up cleaner, Clean master dan lain sebagainya.

  1. Pindahkan File ke Memori Eksternal

Tips menghemat memori internal berikutnya adalah pindahkan semua file anda. Ketahui berapa size dari memori eksternal anda. Kemudian lihat juga total size dari seluruh video, foto dan file anda. Jika memungkinkan, pindahkan file tersebut ke memori eksternal saja.

  1. Jangan Menyimpan File Berukuran Besar

File yang memiliki size besar biasanya hasil dari perekaman video. Sizenya mencapai ratusan MB atau GB. Tentu jika file ini anda simpan di memori internal akan menghabiskan banyak tempat. Menyimpan dua video saja bisa membuat memori internal anda penuh.

  1. Memanfaatkan Cloud Storage
  2. Download Aplikasi Versi Lite
  3. Budayakan Streaming

Dengan menghemat memori internal, anda bisa menggunakan handphone sesuka hati tanpa lelet. Ingat untuk selalu mengecek file apa yang sudah tidak anda butuhkan. Semoga tips ini bermanfaat untuk anda.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.