10 Tips Jitu Belajar untuk Menghadapi Ujian Sekolah

10 Tips Jitu Belajar untuk Menghadapi Ujian Sekolah

Lulus Ujian Sekolah | Rumahtips.net

10 Tips Jitu Belajar untuk Menghadapi Ujian Sekolah. Kamu pernah mendapatkan nilai rapor merah dan kena bully gara – gara sering dapat rangking 1 terakhir dari semua siswa dikelas ? Hal ini pernah admin alami selama masa SMA, betapa tidak beraninya melihat nilai rapor ketika kenaikan kelas dan jika saat pelajaran berlangsung ada seorang guru menunjuk admin(rumahtips) untuk maju lalu menjawab soal di papan tulis.

Hal ini akan terus terjadi dan membuat kita makin larut dalam paradigma bahwa hanya kita yang tidak mudah menerima pelajaran, pemalas dan pecundang dimata teman – teman. Tapi ada juga sebagian orang beranggapan bahwa keberuntungan orang berbeda, ada yang selalu juara 1 dikelas tetapi dimasa depan dia hanya bekerja sebagai buruh atau bawahan dari siswa rangking terakhir. Admin percaya hal tersebut, tetapi kemungkinannya hanya 1:1000 karena sudah dipastikan si juara kelas tersebut memiliki keunggulan yaitu disiplin, pekerja keras dan punya intelektual tinggi. Untuk itu kamu tidak harus menjadi juara kelas, tetapi minimal kamu menyukai yang namanya belajar, karena dengan belajar otomatis kamu memperoleh ilmu pengetahuan yang nantinya akan berguna  bagi kamu dikemudian hari seperti yang admin alami sekarang.

Sebelum mengikuti tips ini, coba deh kamu analisa , apa saja faktor penyebab kamu kurang mengerti saat belajar atau bahkan malas untuk belajar ? Misalnya : aku sudah belajar tapi tetap tidak paham ? aku sudah ketinggalan jauh pelajaran bagaimana bisa mengejarnya ? aku malas baca buku apalagi nulis. Jika sudah dapat menganalisa masalah kamu. Maka kosongkan atau hapus hal tersebut dari pikiran kamu seperti halnya mencoret tulisan dikertas, jangan diungkit kembali dan jadilah pribadi baru mulai sekarang! Jika sudah merasa nyaman dan lega, maka kamu siap megikuti  10 Tips Jitu Belajar untuk Menghadapi Ujian  Sekolah :

1.Niat + Passion

Niat adalah elemen utama dalam belajar, buatlah niat yang simple dan jujur dalam hati anda, bahwa niat anda dalam belajar bukan ingin mengejar nilai tinggi atau prestasi gemilang melainkan menjadi “pribadi yang terpelajar dan berguna”. Kemudian Passion (keinginan/hasrat) anda dalam belajar adalah konsistensi untuk belajar setiap hari dimanapun, kapanpun dan pada siapapun jika hal itu baik maka jadikanlah pelajaran bagi anda. Passion anda ketika belajar untuk mengejar keingintahuan jauh lebih bernilai dibanding hanya menginginkan pujian dan prestasi setinggi langit, jadilah pribadi yang sederhana dan menjadikan ilmu pengetahuan sebuah kebutuhan pokok anda sebagai pelajar.

2.Bahan / Materi

Tentu dalam belajar hal kedua yang harus anda persiapkan adalah pulpen/pensil dan juga sehelai kertas. Karena jangan mengandalkan ingatan/pikiran karena pikiran bisa saja LUPA suatu saat nanti, namun jika anda menulis materi yang anda pelajari dikertas pasti anda dapat mempelajarinya kembali. Banyak pelajar yang keliru bahwa mereka harus membeli buku paket pada semua pelajaran, misalnya ada 10 mata pelajaran dan harga 1 buah buku harganya Rp. 50.000 x 10 = 500.000 maka beban orangtua akan meningkat ditambah dengan mengoleksi buku pada semua pelajaran hanya akan membuat anda semangat DIAWAL saja, tetapi malas membuka buku dikemudian hari karena terlalu banyak dan itu belum tentu terpakai saat kamu naik kelas atau melanjutkan sekolah. Saran admin, beli buku kalau memang benar – benar perlu, jika tidak anda dapat meminjam atau memfotocopy saja tetapi resume materinya ditulis di buku catatan.

3.Jadwal dan Lingkungan

Sebelum belajar,  kamu harus memiliki komitmen tentang frekuensi (waktu) yang disisihkan setiap hari dalam menambah ilmu pengetahuan. Waktu paling bagus untuk belajar adalah subuh (sekitar pukul 05.30 – 06.30)  dan malam (19.00 – 20.30)  sisihkan waktu tersebut untuk kamu belajar materi yang diajarkan guru dikelas jangan terlalu diporsir karena nanti stamina kamu habis selanjutnya kamu akan berhenti untuk belajar. Setelah menetapkan jadwal belajar, coba kamu rapikan meja belajarmu beserta kamarmu, atur pencahayaan lampu yang memadai, lantai yang bersih , ruangan yang wangi. Maka itu akan otomatis memicu keinginanmu untuk giat dalam belajar. Lingkungan yang kotor dan jorok akan memaksa tubuh  untuk mengeluarkan tenaga berlebih dan nanti ini membuatmu mengantuk dan berhenti belajar.

4.Membuat Resume + Poin

Bagian terpenting dari belajar adalah kemampuan untuk meresume atau mengambil kesimpulan pada setiap halaman buku, sehingga kamu tidak perlu menulis seluruh halaman pada buku pelajaran melainkan point pentingnya saja, misalnya pada artikel kami ini cara menyimpulkannya adalah : 10 Tips Jitu Belajar untuk Menghadapi Ujian Sekolah yaitu 1) Niat, 2) Bahan/materi, 3) jadwal dan lingkungan. Catat poin – poin yang penting saja. Dan agar kamu semangat membaca catatan, maka disetiap lembar catatan bikin gambar – gambar menarik, atau diberi warna dengan stabilo pada kata atau kalimat penting. Untuk soal matematika atau hitungan selalu pelajari dan pahami dulu pola (bentuk)

5.Remember

Remember atau mengingat kembali akan secara otomatis anda dapat ketika membuat resume, karena disana ada dua hal penting yang anda lakukan yaitu : membaca (jika ingin menyimpulkan otomatis anda membaca tiap bab pelajaran), dan menulis. Jadi gunakan waktu 30-40 menit untuk meresume, dan 20-30 untuk mengingat kembali apa yang kamu tulis. Semakin sering melakukan ini, semakin tajam ingatanmu dalam mengingat pelajaran.

Bersambung..  10 Tips Jitu Belajar untuk Menghadapi Ujian Sekolah part II

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.